Forum Mahasiswa Toraja Resmi Lepas Tim Ekspedisi Tongkonan 7 Summit and Culture.

0
221

Kabarpena.com, Makassar – Pengurus Besar Forum Mahasiswa Toraja (FORMAT) resmi melepas Tim Ekspedisi di Mabes Format, Jum’at (28/7/2017) di Kompleks BTN Citra Tello Permai Blok A4 No 23, Makassar.

Selanjutnya tim yang terdiri dari tiga orang tersebut menuju Bandara Sultan Hasanuddin, kemudian melanjutkan melakukan perjalanan dari Makassar via pesawat menuju Lombok, Bali dan Jawa.

Ketiganya adalah Doni Rey (25), Darto Joki (24) dan Taufik Tobi (21). Kegiatan ini bertema Ekspedisi Tongkonan 7 Summit and Culture.

Koordinator tim Ekspedisi, Darto Joki
mengatakan bahwa Tim tersebut akan melakukan pendakian di 7 Puncak antara lain Gunung Rinjani, Gunung Agung, Gunung Arjuro,Gunung Bromo, Gunung Merapi, Gunung Gede Pangrango, Gunung Semeru.

Beberapa suku/budaya juga menjadi target ekspedisinya, dimana suku-suku yang akan dilalui adalah Suku Baduy, Suku Sasak di kaki gunung Rinjani, Suku Osing, Suku Tengger dan Suku Bali.

“Kegiatan ini tidak terlepas dari kesadaran kami akan besarnya potensi alam nusantara dan budaya yang beraneka ragam yang dapat menjadi objek pariwisata, dan sampai saat ini belum tereksplore secara maksimal,” ujarnyanya.

Pelepasan Tim Ekspedisi Tongkonan 7 Summit and Culture, Forum Mahasiswa Toraja, Jum’at (28/7/2017).

Sementara itu, Ketua Pengurus Besar FORMAT, Frilki Prakarsa Randan saat dikonfirmasi mengaku mengapresiasi adanya Ekspedisi dari tim yang terdiri dari tiga orang tersebut

Menurutnya, kegiatan ini sangat bagus karena teman-teman bisa mempelajari bagaimana suku, budaya, bahasa, dan sosial masyarakat di daerah sekitar gunung yang dituju serta memupuk kepedulian generasi muda pada upaya pelestarian alam atau lingkungan.

Selain itu, lanjut dia, dapat pula memperkenalkan potensi wisata alam dan budaya yang ada di Toraja kepada masyarakat luas dari berbagai kalangan.

“Ini sebagai bentuk kepedulian dan konstribusi kami terhadap Tanah Toraja dengan melakukan kegiatan yang bertajuk ekspedisi sekaligus dapat memperkenalkan budaya Toraja di daerah luar yang akan dikunjungi oleh Tim,” ujar pria yang akrab disapa Pikki.

Dengan demikian, pihaknya berharap kegiatan ini dapat memberi kontribusi besar guna mempublikasikan potensi pariwisata maupun dari keunikan Budaya Toraja di Kab. Tana Toraja maupun Toraja Utara. Mengingat Toraja telah menj icon pariwisata dengan potensi alam dan budanyanya yang seharusnya sudah dapat mandiri dari segala aspek untuk kesejahteraan masyarakatnya.

“Sampai hari ini, itu kan belum menumbuhkan perekonomian rakyat kecil mungkin salah satunya karena kurangnya perhatian dari Pemda setempat akan potensi pariwisata yang ada,” tutur mahasiswa Fakultas Pertambangan UPRI Makassar, Frilki Prakarsa Randan.

(HR)*