Ini Harapan Bupati Selayar Saat Hadiri Ritual Kurban Di Kampung Gantarang Lalang Bata.

0
90

Selayar, Kabarpena.com – Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali menghadiri acara silaturahmi Kerukunan Keluarga Kerajaan Gantarang (K3G) Kendari dan Makassar di Kampung Gantarang Lalang Bata, Desa Bontomarannu, Kec. Bontomanai, Minggu (3/8/2017).

Kegiatan Silaturrahim ini dirangkaikan dengan penyembelihan hewan kurban yang merupakan prosesi adat masyarakat Gantarang Lalang Bata. Tampak pula berbagai prosesi dan ritual keadatan masyarakat kampung islam dalam silaturahim tersebut.

Turut hadir Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten yang juga adalah anggota DPRD Kepulauan Selayar Hj. Eni Zainuddin, Ketua Pengurus K3G Kabupaten Kepulauan Selayar H. Muhammad Idris, Ketua Pengurus K3G Kota Kendari Drs. H. Hasanuddin DM. M.Si., tokoh masyarakat Selayar H. Ince Langke, Camat Bontomanai Zulfikri, serta beberapa tokoh agama dan tokoh masyarakat Gantarang Lalang Bata.

Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali dalam sambutannya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan penyembelihan hewan kurban berdasarkan ritual adat masyarakat Gantarang Lalang Bata ini dapat menambah obyek-obyek wisata di Kabupaten Kepulauan Selayar khususnya obyek wisata yang bernuansa religius.

Dikatakan Basli, bahwa perkampungan tua Gantarang Lalang Bata saat ini sudah dikenal bukan hanya di lingkup sulsel maupun nasional tetapi sudah sampai di skala mancanegara terlebih dengan adanya Mesjid tua Gantarang yakni Mesjid Awaluddin.

“Orang kalau mau datang ke Kabupaten Kepulauan Selayar banyak pilihan, baik dari obyek wisata baharinya, adat, maupun religiusnya. Termasuk tidak lengkap rasanya kalau tidak ke Gantarang,” ujar Ketua Golkar Kab. Kepulauan Selayat, Muh. Basli Ali.

Selanjutnya, tinggal bagaimana masyarakat dan pemerintah bisa bersinergi dalam menjaga dan melestarikan kekayaan wisatanya. “Maka dalam hal ini Pemerintah tentunya akan menyiapkan infrastruktur dan masyarakat harus mempersiapkan diri untuk menjadi tujuan destinasi,” kata dia.

Kemudian, pihaknya juga berharap kepemimpinannya bersama Wakil Bupati dapat membawa Selayar jauh lebih baik melebihi Kabupaten lainnya di Sulawesi Selatan.

“Karena hari ini kita masih berada dalam suasana Idul Adha 1438 H, melalui momentum ini saya mengucapkan minal aidzin wal Faizin mohon maaf lahir dan bathin,” tutup Basli.

Sementara, Ketua Pengurus K3G Kota Kendari Drs. Hasanuddin DM, M.Si sedikit bernostalgia tentang perjalanan hidupnya sekitar tahun 60 yang lalu di kampung Gantarang Lalang Bata sebelum merantau ke Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.

Namun demikian, kata dia, niatnya untuk tetap kembali ke kampung halamannya selalu ada walaupun sudah berpuluh-puluh tahun meninggalkannya.

Sekadar diketahui, kegiatan Silaturrahim tersebut juga diisi dengan ceramah agama yang dibawakan oleh Ustadz Suwandi Sudirman.

(HR)*