Ini kegiatan Mahasiswa KKN-P IAIM Sinjai Di Jogjakarta

0
83

Kabarpena.com,Yogyakarta-Melebarkan sayap hingga keluar provinsi demi mengembangkan ilmu pengetahuan dibidang pendidikan merupakan hal yang dilakukan oleh perguruan tinggi Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai mengirimkan enam orang mahasiswanya ke Yogyakarta untuk melaksanakan kuliah kerja nyata profesi (KKN-P) selama satu bulan.

Keberadaan mereka Di yogyakarta mendapat respon positif oleh kepala SD Muhammadiyah Sapen Agung Rahmatanto, keberadaan Mahasiswa KKNP dari IAIM Sinjai memberikan rasa kenyamanan tersendiri terhadap siswa – siswi kami seperti berada di rumah sendiri padahal mereka baru dua pekan di tempat ini, katanya, Kamis (21/02/2019).

kegiatan yang dilakukan sangat membantu dalam proses belajar mengajar dengan pembagian beberapa tahap diantaranya Observasi, Pengenalan Pamong, pembuatan RPP hingga model pembelajaran dikelas dengan sistem Full Day School.

Selain itu Mahasiswa diwajibkan sudah berada di sekolah sebelum jam 06.00 wib untuk melakukan proses penjemputan siswa dan observasi. Hal ini untuk melatih kedisiplinan dan membiasakan dengan sistem yang berlaku di sekolah, Tambahanya.

Tidak hanya itu mahasiswa pun diberikan jadwal untuk mengunjungi sekolah binaan Muhammadiyah diantaranya SD Muhammadiyah Sapen Gowongan, SD Muhammadiyah Sapen Kraton, SD Muhammadiyah Papringan dan Sekolah Outdoor. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang sistem pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah-sekolah Muhammadiyah dan memperluas wawasan tentang perkembangan Muhammadiyah khususnya di daerah Jogjakarta.

Selain itu kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat juga tetap dilaksanakan diantaranya diadakan pelatihan berbahasa Arab dan ceramah bagi bagi jamaah di mesjid binaan mahasiswa. Selain itu akan diadakan lomba untuk lebih meningkatkan minat dan bakat serta membangun suasana keakraban di tengah-tengah masyarakat, ungkap Andriani.

Diketahui ke enam mahasiswa tersebut adalah Andriani, Usfa Wafika, Misnawati, Firkawati, dan Agus Salim mereka masing-masing Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) sedangkan Safaruddin adalah Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) yang juga merupakan alumni Pondok Pesantren Darul Huffadh 77 Bone. (Tamsil)