Kanal Satu Guru Satu Buku (Sagusaku) IGI Go Internasional

0
34

Kabarpena.com,Jakarta – Satu Guru Satu Buku yang konsisten melatih guru dalam hal penulisan buku langsung terbit, terus melaju pesat dalam menebar virus literasi.

Setelah sukses dengan program GELIS yang dilakukan serentak di 20 titik seluruh Indonesia, setiap Rabu, kini Sagusaku IGI diundang oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kuala Lumpur untuk mengisi kegiatan In House Training (IHT) peningkatan Kompetensi Guru dalam bidang menulis di Melaka selama 2 hari, 30 – 31 Mei 2018.

Kesempatan emas ini disambut baik oleh kanal Sagusaku dalam menggandeng kanal lain dalam IGI yaitu Sagusavid. Para pelatih berkolaborasi dalam meningkatkan kompetensi duta pendidikan Indonesia untuk Melaka. Kegiatan yang diikuti oleh para guru Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB), Pusat Pendidikan Warga Negara Indonesia Kilang dan Community Learning Center (CLC) ini dihadiri oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Prof.Dr.Ir.Ari Purbayanto, Msc, Kepala sekolah SIKL dan SIJB sebagai bentuk respon yang luar biasa atas kegiatan ini.

Semangat ketiga coach IGI, Nurbadriyah, Mpd, Yulismar, Mpd, dan Tri Goesema Putra, Mpd terus memotivasi para peserta agar dapat menghasilkan tiga buku untuk peserta. Terkait penerbitan dan cetak buku akan dibiayai oleh Atdikbud Kuala Lumpur. Hal ini disampaikan Prof Ari saat memberikan materi GLN malam itu.

Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Drs. H. Agustinus Suharto, Mpd dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam acara ini akan mendorong guru menulis dan meningkatkan kompetensi diri sebagai pendidik. Dirinya juga akan memberikan reward kepada 3 peserta terbaik.

Tindak lanjut kegiatan ini adalah menghasilkan para pelatih menulis yang aktif untuk sekolah Indonesia Luar Negeri, selain menghasilkan karya buku guru Indonesia, Kamis pagi di sela-sela kegiatan santap sahur di Hotel Mahkota Melaka – Malaysia, Nurbadriyah, penanggungjawab Sagusaku IGI menyampaikan amanah Ketum IGI Muh. Ramli Rahim terkait program IGI dengan 99 kanalnya.

Hasil obrolan singkat ini berbuah manis, Sagusaku IGI mendapat tawaran menarik untuk menjadi juri dalam Olimpiade Sains dan Seni se- Asia Tenggara yang di gagas oleh Prof Ari Purbayanto sejak menjabat. Kegiatan yang direncanakan awal September 2018 ini akan diadakan di Malaysia dan diikuti oleh peserta didik terpilih dari Malaysia, Singapura, Thailand Filipina dan Myanmar dengan Ketua penyelenggara Drs H. Agustinus Suharto.(*)