KPA NAPAST Evaluasi Pengelolaan Bank Sampah

0
185

Kabarpena.com, SINJAI. Kelompok Pecinta Alam ( KPA ) Naluri Pecinta Alam Sejati ( NAPAST ), mendirikan Bank sampah KPA NAPAST hal ini dimaksudkan karena adanya keprihatinan  akan lingkungan yang semakin lama semakin dipenuhi dengan sampah baik organik maupun anorganik.

Rapat Evaluasi Terkait Pengelolaan Bank Sampah KPA NAPAST Sinjai, 22/1/2018

Sampah yang semakin banyak tentu akan menimbulkan banyak masalah, sehingga memerlukan pengolahan seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna. Pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menangani sampah dan meningkatkan ekomoni masyarakat.

Menurut Pengurus KPA NAPAST bahwa tujuan utama pendirian bank sampah KPA NAPAST adalah untuk membantu menangani pengolahan sampah di Kabupaten Sinjai khususnya di Kelurahan Samataring Kec. Sinjai Timur.

Tujuan bank sampah selanjutnya adalah untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. Bank sampah KPA NAPAST juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis.

“Karna pada dasarnya tugas utama dalam organisasi pencinta alam adalah menjaga dan melestarikan lingkunga hidup dengan cara membentuk bank sampah dan fokus mengubah pola pikir masyarakat, bahwa sampah bisa menjadi alternatif pendapatan ekonomi masyarakat.