Peringatan Hari Lahir Pancasila, Begini Harapan Pemuda Sulsel.

0
102

Makassar, Kabarpena.com — Wakil Bendahara DPD KNPI Sulsel Fadil Rezky Noer Roid berharap peringatan hari lahirnya Pancasila pada 1 Juni tidak sekedar serimonial belaka.

Namun sebagai bentuk refleksi sejarah agar semua generasi bangsa mengingat bagaimana pendiri bangsa menyatukan bangsa ini lewat Pancasila.

“Tinggal bagaimana hal ini tidak hanya menjadi seremonial belaka, tapi nilai-nilai Pancasila dapat membumi dalam setiap perilaku kehidupan masyarakat Indonesia sehingga tidak ada lagi yang ribut-ribut untuk mencari ideologi negara,” kata Fadil Rezky Noer Roid, Jumat 01 Juni 2018.

Tak hanya itu, Bendahara Umum Depidar Wirakarya Sul-Sel ini menilai berbagai persoalan bangsa yang dihadapi saat ini bisa selesai dengan menjadikan Pancasila tidak hanya sebagai falsafah negara tapi lebih luas lagi yakni sebagai falsafah bangsa Indonesia.

“Saya berharap pemahaman Pancasila sebagai dasar negara terus disosialisasikan sampai ke pelosok tanah air sehingga lahirnya berbagai paham yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila bisa diminimalisir.

Lanjut dia, terkait berbagai ancaman ideologi yang bertentangan dengan Pancasila, Ia percaya Negara akan mampu mengeliminirnya, selama tetap konsisten mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila.

“Pendiri bangsa kita berpikir, jika dengan keberagaman bahasa, suku, adat, agama dan luasnya wilayah, maka perlu ada falsafah negara yang bisa menyatukannya. Pancasila adalah ideologi bangsa yang bisa membuat bangsa kita saling memahami,” tutur Fadil.

“Pancasila telah terbukti sekian lama, dari tahun 1945 telah berhasil merekatkan bangsa, dari Sabang sampai Merauke, itu makna pancasila sakti bagi saya,” pungkasnya.

Editor : Hr*