“RAIH HARAPAN DI SMP NEGERI HARAPAN” (SMPN 8 Harapan Barru Buka Pendaftaran Siswa Baru TA 2018-2019)

0
188

Boarding School SMP Negeri 8 Harapan Barru Tahfidzul Qur’an membuka pendaftaran siswa baru tahun pelajaran 2018/2019 pada 01 April – 07 Juli 2018. Sekolah yang beralamat di Jl. Poros Pekkae-Soppeng, Tompo Lemo-lemo, Desa Harapan,  Kec. Tanete Riaja, Kab. Barru ini telah berdiri sejak tahun 2016 dengan maksud memberikan kesempatan pada warga masyarakat usia SMP yang berada dalam taraf ekonomi rendah, fakir dan miskin, yatim piatu, berdomisili di daerah terpencil dan wilayah kepulauan.

SMPN 8 Harapan atau biasa disebut Jabal Tahfidzul Qur’an ini memiliki visi ‘Terwujudnya SMPN 8 Harapan yang Qurani, Berprestasi dan mengangkat harkat siswa kurang mampu’ dengan menitik beratkan pendidikan dan bimbingan anak pada pembentukan karakter, akhlak, dan jiwa keagamaan serta pengembangan pengetahuan umum yang menjadi prasyarat perkembangan dunia global.

Kepala SMPN 8 Harapan Nashruddin, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa sekolah ini memiliki tujuan mewujudkan hafidz cerdas dan bentuk pembinaan yang dilakukan di sekolah adalah pengajaran tatap muka formal di kelas sebagaimana sekolah negeri lainnya,  pengajaran bacaan dan tata pelaksanaan shalat,  bagi anak yang belum lancar mengenal dan membaca aksara Al Qur’an diajarkan metode Iqra 1-6, anak yang khatam metode Iqra dilanjutkan menghapal Al Qur’an, pengajaran bahasa Inggris setiap hari, dan kegiatan ekstrakurikuler.

Fasilitas sekolah berupa ruang kelas, sarana dan prasarana sekolah yang lengkap, kamar, tempat tidur, lemari, loker siswa serta makan tiga kali sehari yang disediakan dan ditanggung oleh pemerintah Kab. Barru  serta dibina oleh guru yang berkualitas dan berprestasi.

“Yang paling mengagumkan juga dari sekolah ini juga adalah karena tidak adanya biaya yang dikenakan kepada siswa sehingga benar sesuai dengan visinya dalam membantu siswa kurang mampu,” Ungkap Nashruddin yang juga sebagai wakil ketua I STKIP Muhammadiyah Barru ini.

Adapun syarat pendaftaran bagi calon siswa baru, yaitu :

  • Fotocopy ijazah SD atau Keterangan Lulus
  • Kartu Ujian Nasional SD
  • Kartu Keluarga
  • Akta Kelahiran
  • KTP Ayah dan Ibu
  • Menunjukkan salah satu (Surat Keterangan Tidak Mampu dari Lurah/Desa , KIS,KIP, dan atau BPJS )
  • Pas Fhoto 3×4 = 4 lembar, 2×3 = 2 lembar

Nashruddin berharap “agar SMPN 8 Harapan dapat mewujudkan hafidz-hafidz cerdas yang mampu bersaing di dunia global dan berkarakter  lokal serta menjadi percontohan sekolah yang menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang baik”.(sj)